ANALISIS
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
Diajukan Untuk memenuhi salah satu tugas Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia
Disusun Oleh,
Kelompok 7 Kelas XII TKJ 2, yang terdiri dari :
·
Rudi
Wildantoro Lesmana (Ketua)
·
Yusup Hariri
(Pelapor)
·
Diki Rosandi
(Pembawa Acara)
·
Habi Maulana
(Penulis)
·
Fedri Yuda
Nugraha (Anggota)
Jl. Pasukan Sindangkasih Maja Tlp./Fax.
(0233-282480) Majalengka 45461
Nama : Diki Rosandi
Kompetensi Dasar : MEMAHAMI
Tugas : Mengumpulkan informasi (Hal 11) dari Teks “PERISTIWA PEMBENTUKAN ASEAN”
PARAGRAF
|
INFORMASI
DALAM TEKS
|
I
|
Peristiwa yang terjadi pada tahap ini yaitu
upaya untuk membentuk kerja sama regional dikawasan asia
Pelaku dalam peristiwa tersebut yaitu beberapa
Negara di kawasan asia
Peristiwa terjadi sebelum tahun 1997.peristiwa
terjadi karena keinginan untuk bekerja sama antar Negara dalam bidang-bidang
tertentu.
Peristiwa ini berawal dengan dibentuknya ASA dan
organisasi-organisasi lain.
|
II
|
Peristiwa yang terjadi pada tahap ini yaitu
pembentukan ECAFE yang diubah menjadi ESCAP.
Pelaku dalam peristiwa tersebut yaitu beberapa
Negara yang ikut didalamnya.
Peristwa terjadi pada 28 mei 1947.
Peristiwa terjadi karena keinginan untuk
memberikan inspirasi bagi pertumbuhan kerja sama regional di asia tenggara.
|
III
|
Peristiwa yang terjadi pada tahap ini yaitu
pembentukan Colombo plan.
Pelaku dalam peristiwa tersebut yaitu
Negara-negara di asia selatan dan asia tenggara.
Peristiwa terjadi pada tahun 1950.
Peristiwa terjadi karena keinginan untuk
meningkatkan kerja sama ekonomi.
Peristiwa berawal dari keanggotaan yang tidak
berasal dari kawasan tertentu sehingga tidak sepenuhnya mencerminkan kerja
sama regional.
|
IV
|
Peristiwa yang terjadi pada tahap ini yaitu
pembentukan SEATO.
Pelakunya Negara philipina dan Thailand.
Peristiwa terjadi pada tahun 1954 sampai 1977.
Peristiwa terjadi karena keinginan dalam kerja
sama dibidang pertahanan dengan dasar bercorak anti komunis.
Peritiwa berawal dari 8 anggotanya hanya 2 dari
asia tenggara sehingga tidak mencerminkan kepentingan berbagai Negara
dikawasan asia tenggara lalu SEATO dibekukan pada 1977.
|
V
|
Peristiwa yang terjadi pada tahap ini yaitu penyelenggaraan
KAA.
Pelakunya Negara-negara di kawasan asia dan
afrika yaitu 29 negara.
Peristiwa terjadi pada tahun 1955.
Peristiwa terjadi karena keinginan akan lahirnya
solidaritas asia afrika.
Peristiwa berawal dari pembentukan dasa sila
bandung yang membuat prinsip antar Negara yang didasarkan pada penghormatan
kedaulatan dan integritas wilayah sehingga terbentuklah gerakan solidaritas
asia afrika dan gerakan non blok.
|
VI
|
Peristiwa yang terjadi pada tahap ini yaitu pembentukan
ASA dan maphilindo.
Pelakunya Negara Malaya,philipina,dan Indonesia.
Peristiwa terjadi pada tahun 1961 dan 1963.
Peristiwa terjadi karena keinginan untuk
memajukan kerja sama ekonomi dan kebudayaan.
Peristiwa berawal dari pembentukan ASA
dilanjutkan dengan pembentukan maphilindo yang berpegang pada piagam pbb
deklarasi bandung serta persamaan ras.namun kerja sama tidak bertahan lama.
|
VII
|
Peristiwa yang terjadi pada tahap ini yaitu
pembentukan ASPAC.
Pelaku dalam peristiwa tersebut
jepang,Malaysia,Thailand,philipina,Australia,dan selandia baru.
Peristiwa terjadi pada tahun 1961.
Peristiwa terjdi karena kerja sama dibidang
ekonomi.namun condong kearah politik.
Peristiwa berawal dari melemahnya Taiwan setelah
terjadinya hubungan rrc dengan ASPAC sehingga ASPAC berakhir.
|
VIII
|
Peristiwa yang terjadi pada tahap ini yaitu
pembentukan SEAMEO.
Pelaku dalam peristiwa tersebut
Indonesia,laos,Malaysia,philipina,singapura,Thailand,dan Vietnam.
Peristiwa terjadi pada tahun 1965.
Peristiwa terjadi karena keinginan memajukan
kerja sama dibidang pendidikan,pengetahuan, dan kebudayaan.
Peristiwa berawal dari keinginan untuk bekerja
sama sehingga organisasi ini juga memiliki associate members dan affiliate
members yang bermarkas di Bangkok dan kemudian keanggotaanya meliputi Negara
asean dan non asean.
|
IX
|
Peristiwa yang terjadi pada tahap ini yaitu
tumbuhnya kesadaran untuk bekerja sama.
Pelakunya Negara-negara di asia tenggara.
Peristiwa terjadi sesudah tahun 1965.
Peristiwa terjadi karena keinginan untuk
meningkatkan tarap hidup sekaligus meredakan rasa saling curiga juga
mendorong kerja sama.
|
X
|
Peristiwa yang terjadi pada tahap ini yaitu
peristiwa-peristiwa yang terjadi pada 1965.
Pelakunya singapura,Indonesia,Malaysia, juga
philipina.
Peristiwa berawal dari singapura yang memisahkan
diri dari pederasi Malaysia lalu di Indonesia terjadi kegagalan gerakan 30
september 1965 yang didalami pki dan terakhik philipina mengambil kebijakan
untuk memulihkan hubungan diplomatic.
|
XI
|
Peristiwa yang terjadi pada tahap ini yaitu
deklarasi ASEAN atau deklarasi BANGKOK yang menandai berdirinya ASEAN.
Pelakunya para menteri luar negeri
Indonesia,Malaysia,philipina,singapura,dan Thailand.
Peristiwa terjadi pada 8 agustus 1967 di
Bangkok.
Peristiwa berawal dari pertemuan konsultatip
oleh para menteri yang menghasilkan rancangan joint declaration dan dalam
pertemuan 8 agustus 1967 di Bangkok ditanda tangani lah deklarasi ASEAN atau
deklarasi Bangkok oleh wakil perdana menteri Malaysia dan menteri luar negeri
Indonesia, philipina, singapura, dan Thailand yang menandai berdirinya ASEAN
yang berarti perhimpunan bangsa-bangsa asia tenggara.
|
Nama : Fedri Yuda Nugraha
Kompetensi Dasar : MEMBANDINGKAN
Tugas : Mencari 7 isi Deklarasi Bangkok (Hal 28-29)
dari Teks “PERISTIWA PEMBENTUKAN ASEAN”
NO
|
Deklarasi
Bangkok
|
1
|
Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan
kebudayaan di kawasan asia tenggara.
|
2
|
Memelihara perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan
hubungan antara negara-negara di asia tenggara.
|
3
|
Meningkatkan
kerja sama yang aktif dan saling membantu dalam bidangekonomi, social,
budaya, teknologi dan administrasi.
|
4
|
Saling
memberikan bantuan dalam bidang fasilitas latihan dan penelitian pada bidang
pendidikan, kejuruan, teknik dan administrasi.
|
5
|
Bekerja sama lebih efektif untuk
mencapai daya guna lebih besar dalam bidang pertanian, industry, dan
perkembangan perdagangan termasuk studi dalam hal perdagangan komoditi
internasional, perbaikan pengangkutan dan fasilitas komunikasi serta
meningkatkan taraf hidup rakyat.
|
6
|
Meningkatkan studi tentang masalah –
masalah di Asia Tenggara.
|
7
|
Memelihara
kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan berbagai organisasi internasional
dan regional lain yang mempunyai tujuan sama serta mencari kesempatan untuk
menggerakan kerja sama dengan mereka.
|
Nama : Yusup Hariri
Kompetensi Dasar : MENGANALISIS
Tugas : Menggali nilai kearifan (Hal 39-40) dari Teks “PERISTIWA PEMBENTUKAN ASEAN”
(a) Carilah nilai kearifan dalam tiap peristiwa yang
menyebabkan terbentuknya ASEAN !
Jawaban
:
1. Terbentuknya kesadaran akan perlunya kerja sama
untuk meningkatkan taraf hidup antar
Negara.
2. Meredakan rasa saling curiga dan mendorong
perkembangan kerja sama.
3. Terbentuknya kerja sama antar Negara di kawasan
Asia Tenggara agar hasil dari kerja sama tersebut dapat menguntungkan semua
pihak tanpa adanya diskriminasi.
4. Kehidupan masyarakat lebih damai karena runtuhnya
konflik.
(b) Menurut kalian, apakah pembentukan ASEAN itu
memiliki manfaat?
Jawaban
:
Manfaatnya
banyak baik untuk Negara maupun masyarakat luas. Bagi Negara dengan adanya
ASEAN pertumbuhan ekonomi, pembangunan dan yang lain menjadi lebih efektif.
Bagi masyarakat luas dengan adanya ASEAN masyarakat dapat menikmati hasil
kesepakatan kerja sama antar Negara.
(c) Hal apa yang terdapat pada peristiwa terbentuknya
ASEAN yang dapat dijadikan bahan acuan dalam menghadapi kehidupan saat sekarang
?
Jawaban
:
1. Kesadaran akan perlunya kerja sama dapat dijadikan
acuan untuk kehidupan saat ini karena sekarang banyak sekali pihak – pihak yang
ingin berdiri sendiri.
2. Rasa ingin damai dari sebuah konflik dapat
dijadikan acuan untuk kehidupan saat ini karena sekarang tidak sedikit orang
maupun sebuah pihak yang mengalami konflik.
3. Keinginan untuk berkembang, karena mungkin untuk
Indonesia hanya sedikit pihak saja yang benar – benar serius ingin memajukan
Negara.
(d) Apakah pembentukan ASEAN terjadi seperti yang
diharapkan ?
Jawaban:
Pembentukan
ASEAN terjadi separti yang diharapkan, karena dengan adanya ASEAN tujuan dan
keinginan Negara dan masyarakat dapat diwujudkan walaupun belum sepenuhnya
terpenuhi.
(e) Apakah pembentukan ASEAN berdampak bagi kehidupan
masyarakat?
Jawaban:
Dampaknya
dapat dilihat dari kehidupan masyarakat pada saat ini, sebagai contoh
masyarakat yang berkeinginan untuk maju tak hanya dapat berkarya di dalam
negeri akan tetapi dapat melebarkan sayapnya ke mancanegara.
Nama : Fedri Yuda Nugraha
Kompetensi Dasar : MENGEVALUASI
Tugas : Mencari informasi data pelaksanaan pialadunia
(Hal 51-52)
dari teks “SEJARAH PIALA DUNIA”
NO
|
TAHUN
|
TUAN
RUMAH
|
WAKTU
DAN TEMPAT PELAKSANAAN LAGA FINAL
|
JUARA
|
1.
|
1930
|
Uruguay
|
30 juli 1930,
di estadio Centenario, Montevideo
|
Uruguay
|
2.
|
1934
|
Italia
|
10 juni 1934,
di Nazionale PNF, Rome
|
Italia
|
3.
|
1938
|
Prancis
|
19 Juni 1938, di Stade Olympique de Colombes,
Paris
|
Italia
|
4.
|
1950
|
Brazil
|
16 Juli 1950, di
Estadio do Maracana
|
Uruguay
|
5.
|
1954
|
Swiss
|
4
juli 1954, di Wankdorf Stadium, Berne
|
Jerman barat
|
6.
|
1958
|
Swedia
|
29 juni 1958,
di Rusanda Stadium, Solna
|
Brazil
|
7.
|
1962
|
Chile
|
17 Juni 1962, di Estadio Nacional
|
Brazil
|
8.
|
1966
|
Inggris
|
30 Juli 1966,
di Wembley London
|
Inggris
|
9.
|
1970
|
Meksiko
|
21 Juni, 1970, di Estadio Azteca
|
Brazil
|
10.
|
1974
|
Jerman Barat
|
7 Juli 1974, di Olympiastadion Munich
|
Jerman
Barat
|
11.
|
1978
|
Argentina
|
25 Juli 1978,
di El Monumental, Buenos Aires
|
Argentina
|
12.
|
1982
|
Spanyol
|
11 Juli 1982, di Santiago Bernabeu
|
Italia
|
13.
|
1986
|
Mexico
|
29 Juni 1986,
di Estadio Azteca Mexico City
|
Argentina
|
14.
|
1990
|
Italia
|
8 Juli 1990, di
Stadio Olimpic, Rome
|
Jerman
|
15.
|
1994
|
Amerika Serikat
|
17 Juli 1994, di Rose bowl
|
Brazil
|
16.
|
1998
|
Prancis
|
12 Juli 1998,
di stade de France, Paris
|
Prancis
|
17.
|
2002
|
Korea/ Jepang
|
30 Juni 2002, di Stadion International
Yokohama
|
Brazil
|
18.
|
2006
|
Jerman
|
9 Juli 2006, di
Olimpic Stadium, Berlin
|
Italia
|
19.
|
2010
|
Afrika selatan
|
11 Juli 2010, di Johannesburg
|
Spanyol
|
20.
|
2014
|
Brazil
|
13 Juli 2014, di Estadio do Maracana
|
Jerman
|
Nama : Habi Maulana Hasbyudin
Kompetensi Dasar : MENGINTERPRETASI
Tugas : Menentukan kebenaran informasi (Hal 58-59)
dari teks
“ HADIAH NOBEL “
NO
|
PERNYATAAN
|
B
|
S
|
TT
|
1
|
Hadiah Nobel di anugerahkan setiap tahun kepada
ilmuwan yang telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat.
|
ΓΌ
|
|
|
2
|
Penghargaan ekonomi di namai penghargan ilmu
social sejak februari 1995 untuk membuka kesempatan bagi bidang ilmu politik,
psikologi,dan sosiologi.
|
|
|
ΓΌ
|
3
|
Penghrgaan Nobel pertama kali di berikan pad
1902.
|
|
|
ΓΌ
|
4
|
Raja Oscar II akhirnya menyetujui pemberian
penghargaan kepada orang asing.
|
ΓΌ
|
|
|
5
|
Penghargaan Nobel di anugerahkan pada 10
desember setiap tahunnya.
|
ΓΌ
|
|
|
6
|
Alexander Fleming di anugerahi Nobel pada tahun
1928 karena menemukan penisilan, antibiotic alamiah pertama.
|
|
|
ΓΌ
|
7
|
Alfred Nobel wafat pada 10 desember 1896.
|
ΓΌ
|
|
|
8
|
Penandatanganan surat wasiat Alfred Nobel
dilakukan di swedia.
|
|
ΓΌ
|
|
9
|
Alfred Nobel adalah seorang ilmuan yang
menemukan dinamit.
|
ΓΌ
|
|
|
10
|
Alice Munro, penulis asal kanada yang di kenal
sebagai master cerita pendek konteporer adalah penerima hadiah Nobel bidang
sastra pada 2013.
|
|
|
ΓΌ
|
11
|
Akademi ilmu pengetahuan kerajaan swedia adalah
institusi yang menentukan peraih penghargaan Nobel kategori fisika dan kimia.
|
ΓΌ
|
|
|
12
|
Ilmu ekonomi merupakan kategori penghargaan yang
di berikan sejak pertama kali hadiah Nobel di anugerahi pada 1901.
|
|
ΓΌ
|
|
13
|
Hadiah Nobel hanya diperuntukan bagi mereka yang
masih hidup.
|
|
|
ΓΌ
|
14
|
Ahli biokimia inggris Frederick sanger telah dua
kali menerima hadiah Nobel atas keberhasilan merinci struktur rantai insulim
dan metode penentuan linear basa DNA.
|
|
|
ΓΌ
|
15
|
Surat wasiat Alfred Nobel yang menyatakan ia
telah menghibahkan seluruh hartanya kepada lembaga mengundang kontroversi.
|
ΓΌ
|
|
|
Nama : Habi Maulana Hasbyudin
Kompetensi Dasar : MEMPRODUKSI
Tugas : Mencari konjungsi temporal (Hal 66) dari
teks
“ Selamat Jalan Bapak Perdamaian “
NO
|
KONJUNGSI
TEMPORAL
|
CONTOH
DALAM KALIMAT
|
1
|
Sebelum
|
Sebelum menghembuskan nafas
terakhir, Nelson Mandela telah mengidap penyakit infeksi paru.
|
2
|
Selama
|
Atau
bahkan telah bermusuhan selama puluhan
tahun berada di panggung yang sama untuk memberikan penghormatan kepada
Mandela.
|
3
|
Sejak
|
Dua
pemimpin Negara yang bermusuhan sejak era perang dingin itu bersalaman
kemudian bersapa sambil tersenyum.
|
4
|
Setelah
|
Pemakaman
terletak di tanah luas keluarga yang di bangun Mandela setelah di bebaskan dari penjara tahun 1990.
|
5
|
Sebelumnya
|
Sebelumnya,
jenazah di semayamkan selama tiga hari di Union Buildings di Pretoria.
|
6
|
Sesudah
|
Sesudah kepergian Nelson Mandela
ucapan duka mengalir dari seluruh pelosok dunia.
|
7
|
Selama
|
Mandela
di penjarakan oleh pemerintah rezim kulit putih yang rasial selama 27 tahun.
|
8
|
Semenjak
|
Semenjak
perjuangannya, Mandela menjadi inspirasi dan nurani dunia bagi gerakan
menentang diskriminasi.
|
9
|
Ketika
|
Ketika mengidap penyakit infeksi
paru dia bertempat tinggal di Johanesburg Afrika selatan pada 5 desember
2013.
|
10
|
Sampai
|
Sampai saat ini Nelson Mandela di
juluki Bapak perdamaian.
|
Nama : Yusup Hariri
Kompetensi Dasar :
MENYUNTING
Tugas : Menyunting penggunaan huruf kapital (Hal
72-73)
dari teks “ Selamat Jalan Bapak Perdamaian “
NO
|
KALIMAT
|
B
|
S
|
1
|
Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter
mengguncang kawasan barat Provinsi Baluchistan, Pakistan.
|
ΓΌ
|
|
2
|
Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter
mengguncang kawasan barat Provinsi Baluchistan.
|
|
ΓΌ
|
3
|
Lampu di ruang itu memiliki arus 5 ampere.
|
|
ΓΌ
|
4
|
Lampu di ruang itu memiliki arus 5 Ampere.
|
ΓΌ
|
|
5
|
Gempa ini terjadi pada 24 September 2013.
|
|
ΓΌ
|
6
|
Gempa ini terjadi pada 24 september 2013.
|
ΓΌ
|
|
7
|
Gedung Utama Sekretariat Negara terbakar pada 21
maret 2013.
|
ΓΌ
|
|
8
|
Gedung Utama Sekretariat Negara terbakar pada 21
Maret 2013.
|
|
ΓΌ
|
9
|
Pusat gempa berada di kedalaman 23 kilometer,
sekitar 233 kilometer Tenggara Dalbandin, Baluchistan.
|
ΓΌ
|
|
10
|
Pusat gempa berada di kedalaman 23 kilometer,
sekitar 233 kilometer tenggara Dalbandin, Baluchistan.
|
|
ΓΌ
|
11
|
Angklung, yang sesungguhnya berasal dari Indonesia,
telah populer di seluruh Asia Tenggara.
|
ΓΌ
|
|
12
|
Angklung, yang sesungguhnya berasal dari Indonesia,
telah popular di seluruh Asia tenggara.
|
|
ΓΌ
|
13
|
Beberapa jam setelah gempa, sebuah Pulau baru
muncul di kota pelabuhan Gwadar, di Pesisir Pakistan.
|
ΓΌ
|
|
14
|
Beberapa jam setelah gempa, sebuah pulau baru
muncul di kota pelabuhan Gwadar, di pesisir
Pakistan.
|
|
ΓΌ
|
15
|
Pulau Sumatra di kenal juga dengan sebutan
Pulau Perca.
|
ΓΌ
|
|
16
|
Pulau Sumatra di kenal juga dengan sebutan
pulau Perca.
|
|
ΓΌ
|
17
|
Sedikitnya 22 tewas dan hampir 15.000 rumah di
Kota Nokjo, bagian barat Provinsi Baluchistan.
|
|
ΓΌ
|
18
|
Sedikitnya 22 tewas dan hamper 15.000 rumah di
kota Nokjo, bagian barat Provinsi Baluchistan.
|
ΓΌ
|
|
19
|
Aminah adalah seorang gadis desa yang cantik dan lagu.
|
|
ΓΌ
|
20
|
Aminah adalah seorang gadis Desa yang cantik dan
lagu.
|
ΓΌ
|
|
Nama : Rudi Wildantoro Lesmana
Kompetensi Dasar :
MEMPRODUKSI SECARA MANDIRI
Tugas : Memproduksi Teks Cerita Sejarah
Dan Tentukan Struktur Teksnya (Hal 77)
Teks Cerita Sejarah, Sumber : Internet
PUI MAJALENGKA
Perikatan Ummat Islam (PUI) atau Perikatan Oemat Islam
(POI) Majalengka saat didirikan oleh K.H. Abdul Halim di Majalengka semula
bernama Majlisul Ilmi (1911). MI tumbuh dan berkembang melalui proses
perjuangan yang penuh tantangan dan rintangan dari penjajah Kolonial Belanda
masa itu. Bahkan organisasi ini terpaksa harus mengalami beberapa kali
penyempurnaan dan pergantian nama.
Penyempurnaan dimaksudkan untuk mendewasakan
organisasi agar tahan uji terhadap tempaan zaman dan ujian hidup. Sedangkan
pergantian nama dimaksudkan di samping untuk menyesuaikan diri terhadap misi
dan beban tanggung jawab yang harus dipikul, juga untuk menghindarkan diri dari
intaian dan ancaman pemerintah kolonial Belanda.
Tahun 1912 MI mengubah nama menjadi Hayatul Qulub (HQ)
yang berarti “menghidupkan hati”. Setelah peristiwa aksi pemogokan buruh pabrik
gula di Majalengka dalam rangka melawan penindasan penguasa Belanda, HQ makin
diawasi dan dicurigai Belanda. Lalu, atas anjuran banyak pihak, antara lain
dari tokoh pergerakan kemerdekaan HOS Cokroaminoto, HQ berubah nama menjadi
Persyarikatan Oelama (PO) tahun 1916.
PO pun mendapat rongrongan dari pihak penjajah, bahkan
dari teman seiring K.H. Abdul Halim sendiri yang telah terkena hasutan dan
pengaruh aparat pemerintah Belanda. Mereka memfitnah bahwa lembaga pendidikan (sekolah)
yang didirikan PO itu adalah “sekolah kafir” karena bentuk dan sistemnya
seperti sekolah Belanda, yaitu pendidikan dengan sistem kelas, duduk di bangku
dan menghadap meja serta papan tulis.
Tidak hanya itu, mereka yang tidak senang terhadap
perkembangan PO juga menyebarkan isu, bahwa PO itu bukan untuk dan milik rakyat
awam, tetapi khusus untuk dan milik para ulama.Disebarkan kabar, yang bukan
ulama tidak pantas dan tidak perlu masuk PO. Mereka pun menghasut masyarakat
agar tidak masuk PO. Terhadap fitnah tersebut, KH. Abdul Halim bergeming. Ia
tetap pada keyakinannya dan menerukan pembaharuan dalam bidang pendidikan
Islam.
Pada masa awal pendudukan Jepang,
organisasi-organisasi pergerakan yang tahun 1938 bergabung dalam MIAI (PO, AII,
Muhamadiyah, dan NU) dibubarkan oleh penguasa kolonial Jepang. Para ulama atau
pimpinan organisasi tersebut kemudian mendesak penguasa Jepang agar
organisasi-organisasi mereka dibolehkan bergerak lagi.
Beberapa bulan kemudian, organisasi-organisasi
tersebut diizinkan oleh penguasa Jepang untuk melakukan kembali
kegiatan-kegiatannya. Federasi MIAI pun diizinkan bergerak lagi dengan nama
Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi).
Saat itulah PO berganti nama menjadi Perikatan Oemmat
Islam (POI). Dengan perubahan Ejaan Bahasa Indonesia sistem Soewandi (1974),
nama itu menjadi Perikatan Ummat Islam (PUI).
Struktur Teks Cerita Sejarah PUI MAJALENGKA
STRUKTUR
TEKS
|
Kalimat
Dalam Teks
|
Orientasi
|
Perikatan Ummat Islam (PUI) atau Perikatan Oemat
Islam (POI) Majalengka saat didirikan oleh K.H. Abdul Halim di Majalengka
semula bernama Majlisul Ilmi (1911). MI tumbuh dan berkembang melalui proses
perjuangan yang penuh tantangan dan rintangan dari penjajah Kolonial Belanda
masa itu. Bahkan organisasi ini terpaksa harus mengalami beberapa kali
penyempurnaan dan pergantian nama.
|
Urutan Peristiwa
Sejarah Tahap I
|
Penyempurnaan dimaksudkan untuk mendewasakan
organisasi agar tahan uji terhadap tempaan zaman dan ujian hidup. Sedangkan
pergantian nama dimaksudkan di samping untuk menyesuaikan diri terhadap misi
dan beban tanggung jawab yang harus dipikul, juga untuk menghindarkan diri
dari intaian dan ancaman pemerintah kolonial Belanda.
|
Urutan Peristiwa
Sejarah Tahap II
|
Tahun 1912 MI mengubah nama menjadi Hayatul Qulub
(HQ) yang berarti “menghidupkan hati”. Setelah peristiwa aksi pemogokan buruh
pabrik gula di Majalengka dalam rangka melawan penindasan penguasa Belanda,
HQ makin diawasi dan dicurigai Belanda. Lalu, atas anjuran banyak pihak,
antara lain dari tokoh pergerakan kemerdekaan HOS Cokroaminoto, HQ berubah
nama menjadi Persyarikatan Oelama (PO) tahun 1916.
|
Urutan Peristiwa
Sejarah Tahap III
|
PO pun mendapat rongrongan dari pihak penjajah,
bahkan dari teman seiring K.H. Abdul Halim sendiri yang telah terkena hasutan
dan pengaruh aparat pemerintah Belanda.
Mereka
memfitnah bahwa lembaga pendidikan (sekolah) yang didirikan PO itu adalah
“sekolah kafir” karena bentuk dan sistemnya seperti sekolah Belanda, yaitu
pendidikan dengan sistem kelas, duduk di bangku dan menghadap meja serta
papan tulis.
|
Urutan Peristiwa
Sejarah Tahap IV
|
Tidak hanya itu, mereka yang tidak senang terhadap
perkembangan PO juga menyebarkan isu, bahwa PO itu bukan untuk dan milik
rakyat awam, tetapi khusus untuk dan milik para ulama.Disebarkan kabar, yang
bukan ulama tidak pantas dan tidak perlu masuk PO. Mereka pun menghasut
masyarakat agar tidak masuk PO. Terhadap fitnah tersebut, KH. Abdul Halim
bergeming. Ia tetap pada keyakinannya dan menerukan pembaharuan dalam bidang
pendidikan Islam.
|
Urutan Peristiwa
Sejarah Tahap V
|
Pada masa awal pendudukan Jepang, organisasi-organisasi
pergerakan yang tahun 1938 bergabung dalam MIAI (PO, AII, Muhamadiyah, dan
NU) dibubarkan oleh penguasa kolonial Jepang. Para ulama atau pimpinan
organisasi tersebut kemudian mendesak penguasa Jepang agar
organisasi-organisasi mereka dibolehkan bergerak lagi.
|
Urutan Peristiwa
Sejarah Tahap VI
|
Beberapa bulan kemudian, organisasi-organisasi
tersebut diizinkan oleh penguasa Jepang untuk melakukan kembali
kegiatan-kegiatannya. Federasi MIAI pun diizinkan bergerak lagi dengan nama
Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi).
|
Reorientasi
|
Saat itulah PO berganti nama menjadi Perikatan
Oemmat Islam (POI). Dengan perubahan Ejaan Bahasa Indonesia sistem Soewandi
(1974), nama itu menjadi Perikatan Ummat Islam (PUI).
|
Nama : Rudi Wildantoro Lesmana
Kompetensi Dasar :
MENGKONVERSI
Tugas : Mengkonversikan Teks Selamat Jalan Bapak
Perdamaian menjadi sebuah puisi (Hal 80)
BAPAK PERDAMAIAN NELSON MANDELA
Jasamu takkan terlupakan
Kan selalu teringat dalam hati semua insan
Tetesan keringatmu menjadi bukti
Tapak kakimu tak terhapuskan
Dan bayangmu kan selalu menghitam
Kau hidup di dalam jiwa
Kau hadir di dalam mimpi
Semangatmu menjadi inspirasi
Dan keberanianmu menjadi kebanggaan
Kau tak pernah lari
Kau berdiri gagah untuk berjuang
Matamu seakan tak pernah tidur
Tubuhmu anti akan Diskriminasi
Hitam
Putih
Berjalan bersama menuju kebahagiaan
Hitam
Putih
Bagaikan warna yang sama
Dan perbedaannya telah musnah
Hujan air mata di seluruh penjuru dunia
Hujan air mata di seluruh alam semesta
Di saat nafasmu tak berhembus
Di saat waktumu tiba
Kini kau tlah tertidur damai
Kini kau tlah berada di tempat yang indah
Selamat jalan bapak perdamaian
Kami rindu akan hadirmu
Hasil Karya : Rudi Wildantoro Lesmana, 19 Agustus
1998
SMKN 1 Maja
No comments:
Post a Comment